Menhub Jonan: Seluruh Pesawat di Indonesia Gunakan Avtur Biofuel Mulai 2018

Bisnis.com, WASHINGTON DC - Pemerintah menargetkan seluruh pesawat terbang di Indonesia mulai menggunakan avtur biofuel sebagai bahan bakar alternatif pada 2018. Berikut laporan wartawan Bisnis Indonesia M. Rochmad Purboyo dari Washington DC, Amerika Serikat.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan jumlah penerbangan di Indonesia terus meningkat, dari sekitar 1.000 penerbangan pada awal 2000 kini naik dua kali lipat menjadi 2.000 penerbangan. Pada tahun ini saja, jumlah penerbangan meningkat 8% dibandingkan dengan tahun lalu.

"Untuk itu, kita harus mulai menyiapkan energi terbarukan pengganti avtur dan akrab dengan lingkungan. Agar udara kita menjadi lebih bersih," katanya seusai penandatanganan kerja sama di bidang pengembangan energi alternatif biofuel untuk pesawat antara Pemerintah Indonesia dengan Amerika Serikat Jumat (23/10/2015) waktu setempat.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo sedangkan dari AS diwakili Deputi Administrator of Federal Aviation Administration, Michael G Whitaker.

Jonan menargetkan pada 2018 penggunaan biofuel untuk pesawat di Indonesia bisa mencapai 3% dan pada 2025 bisa ditingkatkan hingga 5%, atau sekitar 250.000 kiloliter biofuel.

Dengan menggunakan biofuel tersebut, katanya, akan ada pengurangan polusi dari gas buang pesawat.

"Memang ini masih tahap awal, dan masih dalam tahap studi. Namun ini harus dilakukan karena bahan bakar dari fosil pasti akan berkurang dan habis," kata menteri.

Bagi maskapai penerbangan di Indonesia, kata Jonan, penggunaan biofuel ini tidak masalah selama harganya bisa kompetitif. "Makanya kita pelan-pelan mendorong penggunaan biofuel ini. Kalau produksi sudah besar, pasti harga akan ekonomis."

Michael G. Whitaker mengatakan kerja sama ini bertujuan agar pengembangan bahan bakar alternatif untuk pesawat ini bisa segera terwujud.

"Terlalu awal kalau kita bicara kapan energi biofuel ini bisa menggantikan avtur. Namun kita harus memulainya. Kami sudah melakukan kerja sama dengan sejumlah negara agar bisa segera mewujudkan energi alternatif untuk pesawat ini," katanya.

Suprasetyo mengatakan adanya kerja sama ini, Indonesia dan AS sepakat untuk membagi ilmu dan pengalaman dalam pengembangan biofuel.

"Pihak AS akan membantu kita untuk memanfaatkan bahan biofuel. Kami ingin minyak sawit atau minyak dari buah jarak bisa dimanfaatkan menjadi biofuel pengganti avtur."

Menurutnya, Pertamina juga sudah memulai penelitian untuk memproduksi bahan bakar alternatif untuk pesawat tersebut.

Dalam kerja sama ini ada 12 poin yang disepakati, selain tukar menukar informasi juga  tukar menukar kemampuan dan teknik, serta saling membantu dalam bidang program dan kebijakan.

 sumber: http://industri.bisnis.com/read/20151024/98/485563/menhub-jonan-seluruh-pesawat-di-indonesia-gunakan-avtur-biofuel-mulai-2018

Hosted by

 

Supporting Publications

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web Traffic


Who Is Online

2
Online

2018-06-19

Exhibition Hours

WED, 7 November 2018
10.00 am - 05.00pm

THU, 8 November 2018
10.00 am - 05.00pm

FRI, 9 November 2018
10.00 am - 05.00pm

SAT, 10 November 2018
10.00 am - 04.30pm

© 2018 Indo Aerospace Expo & Forum organised by PT Napindo Media Asahtama. All Rights Reserved.